Selasa, 18 September 2018

DIY SEWING: CARA MENJAHIT WRAP SLIP MINI DRESS

September 18, 2018



Hai syantiiikk..

Assalamualaikum Wr Wb

Sempat kebingungan mau eksperimen apa lagi?. Bolak balik cari inspirasi, udah dapat beberapa. Masuk ruang menjahit, hmmm.. lha kog kebingungan lagi ya?. Akhirnya ambil HP dan buka aplikasi manga favorit. Udah deh, nonggrok di kamar sampai gak sadar kalo udah mau maghrib. *Enak ya hidupku.

Dan gak sadar juga 1 bulan pun berlalu tanpa update tutorial menjahit. Maafkan daku ya syantiik.


Beberapa hari yang lalu Alhamdulillah, nyawa untuk menjahit terkumpul semua. Ditambah pak Lelaki Surga dapat dinas di Luar Kota. Kesempatanku untuk bisa menyentuh si Nona mesin jahit seharian bahkan sampai semalaman tanpa ada gangguan. Biasanya 2 hari cuma dapat 1 baju. Kemaren bisa dapat 2 baju dalam sehari. Mantuuuull.. Mantap betuuull. Hehe.

Selesai dengan urusan kain para pelanggan, dan akhirnya aku bebaaass. Dengan senang hati, ambil tripod, dan kamera. Saatnya syuting syantik. *Hasseekk..


Diy sewing kali ini mini dress ya. Kebetulan ada kain chiffon motif kembang2. Harga 16rb permeter. Aku beli 2 meter. Kain furingnya dari kain rayon polos. Harga 20rb per meter. Aku beli lebih dari 2 meter (lupa tepatnya berapa).

Untuk lebih jelas cara pembuatannya silahkan klik youtube channel aku di bawah ini. 


Jangan lupa subscribe dan like nya ya. Kalo ada kritik, saran, dan komentar. Silahkan tulis di kolom komen.

Semoga bermanfaat.

Bahan:

- 1,5 meter Kain ciffon (aku saranin 2m)

- Kertas koran/pola

- Tshirt favorit

- Elastic (ukuran disesuaikan dengan pinggang masing2 ya)


Cara Membuat:
Siapkan kertas koran. Ambil tshirt favoritmu, letakkan di atas koran. Lipat Tshirt menjadi setengah. Tentukan bagian pinggangnya. Lipat tepat pada garis pinggang. Japlak pola tshirtnya (exclude pola bagian tangan) kemudian gunting. Jangan lupa beri jarak untuk obras, 1-2cm. Dan untuk bagian pinggang jangan mengikuti lekukan pada Tshirt. Ambil garis lurus saja.

Ukur pola bagian bahu, kemudian dibagi 2. Pada titik tengah tersebut, ukur menurun sebesar 10cm. Dari titik tersebut tarik garis menuju ketiak dan sisi yang lain buat garis lurus. Gunting sesuai garis.

Pola bagian belakang sudah siap.

Untuk pola bagian depannya. Lipat kertas koran jadi setengah. Sama seperti menjiplak pola yang belakang. Selesai menjiplak, buka lipatan korannya. Dari bahu, ukur setengahnya. Kemudian turunkan sebesar kurleb 10cm. Tarik garis dari titik tersebut ke arah ketiak. Pada sisi yang lain, buat garis miring ke arah bawah. Gunting sesuai garis. Buat 2 lembar (kanan dan kiri).

Untuk bagian bawahnya. Aku tanpa pola. Jadi sepanjang kain sisa, gunting jadi 2 bagian. Bagian sisinya gunting miring. Bagian atas lebih sempit, bagian bawah lebih lebar.

Lakukan hal yang sama pada kain furing.
Siapkan kain sepanjang 20cm lebarnya 3cm. Jahit pada sisi yang panjang, kain yang bagus saling berhadapan. Kemudian keluarkan sisi yang bagus dengan bantuan menggunakan peniti atau jepit rambut. (Buat 2 lembar ya).

Untuk bagian top, susun pola ciffon bagian belakang kemudian letakkan tali tepat pada bagian atas sisi kanan dan kiri, kemudian tutup dengan furing bagian belakang. Bagian kain yang bagus saling berhadapan. Jahit bagian atas terlebih dahulu. Kemudian gunting cekris pada kain yang sudah terjahit, pastikan guntingnya jangan kelewatan dari benang jahitnya. Kemudian lipat ke arah bagian yang buruk. Kemudian jahit kembali bagian atasnya.

Lakukan hal yang sama pada bagian depan.
Susun top bagian belakang dan depan. Tata dengan rapih. Beri pin pada bagian sisinya (bawah ketiak kanan dan kiri). Kemudian jahit.

Bagian bawahnya, susun ciffon bagian depan belakang. Jahit bagian sisi kanan dan kiri. Lakukan hal yang sama pada kain furing. Masukkan rok furing ke dalan rok ciffon. Jahit bantu bagian atasnya.

Jahit sambung top dengan rok. Kain yang buruk (dalam) saling berhadapan. Kemudian balik kain yang bagus di luar. Jahit stik balik pada sambungan sebelumnya (kain yang bagus saling berhadapan), sehingga jahitan yang pertama tertutup. Kemudian jahit lagi mengarah ke bagian top. Biarkan terbuka sebesar 3cm. Masukkan elastic dengan bantuan peniti melalui lubang yang belum terjahit. Pertemukan ujung elastic q dengan yang lain. Kemudian jahit ujungnya. Masukkan elastic ke dalam lobang. Tutup lobang dengan jahitan.

Terakhir, jahit hem bagian bawahnya.

Dan Wrap Slip Mini Dress pun jadii..


It look so sexy kaaann..

0 komentar:

Posting Komentar