Rabu, 26 September 2018

CARA MUDAH MENJAHIT LACE SHIFT DRESS

September 26, 2018

Hai hai haaiii syantiiikk..

Assalamualaikum Wr Wb

Toko kain adalah salah satu surga dunianya para pecinta menjahit. Weekend kemaren, tiba2 Pak Lelaki Surga ngajakin ke Mayestik. Langsung aku iyakan, karena aku belom pernah ke Mayestik. Dalam bayanganku, pasar mayestik itu kayak BTS-nya Solo yang 1 gedung (mall) buanyak toko kainnya. Ternyata toko kainnya itu di ruko2 (jadi di luar mall). Mayoritas kain yang di jual berbahan Lace/Brokat. Cuantik2 book. Untung 'gesekan' limit. *Bukan untung itu mah, tp kebodohan kali yey.. hehehe
Kesalahan pertamaku adalah, memasuki toko kain yang super duper mehoooong dengan harga rata2 di atas 300rb/meter dengan lace yang syantiknya nglebihi lagunya Siti Badriah.

Setelah memasuki berbagai toko kain di Mayestik, menurutku mereka memfokuskan pada bahan Lace/brokat. Untuk bahan jenis yang lain, kurang komplit ya. Bagi orang Solo pasti tahu donk toko kain Mac Mohan. Kalo dibandingin ama Mac Mohan, jenis2 kainnya lebih komplit di Mac Mohan.

Kemaren aku sempat hunting kain polos untuk kemeja cowok. Koleksinya kurang bingits. Nemu yang cocok di salah satu toko. Mehooong bok. Harga permeter 130rb, dapat disc 50%. Sempet tak iyakan, ternyata last piece cuma 1,4m doank (kurang donk). Ada yang 2m, harga setelah disc 85rb/m. Gak jadi lah. Untung mbaknya gak ngamuk setelah kain putihnya aku amburadulin. Wkkk.

Tapiii... Asiknya belanja kain di Mayestik, beberapa tokonya asyik2 euy. Dari luar keliatan kayak ruko biasa. Setelah masuk, hmmmm.. nyaman bingits. Pelayanannya juga oke poenya. Sekali masuk langsung disambut dengan 1 karyawan. Kelemahannya sih bakal dibuntutin terus.  Gak leluasa liat2nya. Apalagi kalo niatnya memang buat liat2 doank. Untung aku masa bodo yak. Jadi  yo nyaman2 wae. Bdw itu buat toko yang mehong, kalo yang biasa yo biasa wae.



Sebelum bebikinian dengan kain lace yang mehong, pemanasan dulu dengan kain lace 45ribu/meter. Beli di Cipadu saja yang termurah seantero jagat dunia perkainan seJakarta.



Ceritanya ini kembaran ama seorang temen. Kalo punya temenku itu dibikin outter, kalo aku mini dress aja lah. Berbeda dengan kain laceku sebelumnya. Lace yang ini lebih tebal motifnya (Aku lupa namanya apaan). Lebih kayak 3 dimensi tu loh. Jahitnya juga lebih menantang yang ini. Karena dia tebal dan lobang2nya lebih jarang dari sebelumnya.


Jadiii... Untuk 1 dress ini membutuhkan 1,5m lace dengan harga 67ribu (dapat disc 500 perak), untuk furingnya aku pake kain katun sisa (gak ada 1 meter). Benang 2ribu. Jadi, totalnya adalaaaahhh... 69ribu rupiah doank. Murce thoo... Kalo beli jadi di toko apalagi mall, mana dapat segitu?.

Kalo jahit sendiri mah murce sangaat. Lhawong jahit sendiri kog. Beda kalo jahit di tailor. Kenapa tailor itu mehong. Karena, ILMU dan SKILLnya. Jadi, jangan suka menggerutu ya kenapa tailor itu mahal. Apalagi kalo yang tailor pro.

Yuk ah Langsung cusss sajaaa..

Ups.. sebelumnya, untuk lebih jelas sila tengok tutornya di youtube channel aku yak. Please please please subscribe. Boleh juga di share loh, apalagi diviralkan, wkkk. 


Kalo ada pertanyan, saran, dan kritik, bahkan request mau tutor jahit model gimana, langsung cuss tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...

Bahan: 

- 1,5m kain lace
- 1m kain furing

- Dress favoritmu

CARA MEMBUAT:

Lipat dress favorit menjadi setengah bagian. Lipat juga bagian lengannya. Jiplak pola badan dress pada kain lace dan furing. Jiplak juga pola lengan.

Untuk bagian badan depan, lehernya lebih lebar daripada bagian belakang.

Tata kain badan depan dan belakang. Kemudian jahit stik balik bagian bahu, dan sisi bawah ketiak. Jahit stik balik itu pertama susun kain depan dan belakang pada kain sisi yang jelek berhadapan. Kemudian balik, keluarkan sisi kain yang jelek. Lalu jahit lagi bagian bahu dan sisi bawah ketiak. Upayakan jahitan pertama tadi gak sampai nongol keluar yaa.

Masukkan lace ke dalam furing. Dalam keadaan kain bagian bagus lace berhadapan dengan kain bagian jelek furing. Jahit bagian leher. Lalu gunting sedikit tanpa melebihi benang jahitan. Masukkan kain furing ke dalam lace. Jahit bagian leher.

Siapkan kain bagian lengan. Lipat jadi setengah, kemudian jahit bagian bawah ketiak. Lalu jahit sambung antara lengan dengan badan. Bagian ujung lengan, gunting sesuai dengan motif lace.

Terakhir, jahit hem bagian bawah furing.

Lace Dress made by me ready buat jalan2 dan hangout dimana saja dengan siapa saja.. :)



Selamat menjahit..

0 komentar:

Posting Komentar